Pengertian Subdomain, Add-on, Parked & Redirect Domain pada Situs Web

Pengertian Subdomain, Add-on, Parked & Redirect Domain pada Situs Web

Pengertian Domain, Subdomain, Add-on Domain, Parked Domain, dan Redirect Domain serta Perbedaannya Masing-Masing


Dalam materi pembelajaran mengenai dunia website (situs web), mau tidak mau, kita akan berhadapan langsung dengan berbagai istilah, arti, dan makna kata yang sangat asing di telinga kita.

Salah satu di antara banyaknya istilah yang ada yakni domain. Pertanyaannya, apa itu Domain? Di dalam domain itu sendiri; kita akan menemukan beberapa istilah lainnya seperti Subdomain, Add-on Domain, Parked Domain, dan Redirect Domain.



Sebagai blogger awam, tentu kita harus paham tentang istilah-istilah ini. Kalau misalkan ada teman yang bertanya, kita dengan mudahnya bisa menjawab pertanyaan yang ditanyakan.

Terlebih-lebih ketika kita sudah tergabung di forum Blogger, otomatis istilah-istilah ini yang mereka gunakan untuk percakapan di komunitas Blogger. Nah, penting banget kan pastinya :)

Arti dan Makna kata Domain pada Situs Web


Kita awali terlebih dahulu mengenai "induknya", yakni Domain. Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau pun Internet.

Nama domain berfungsi mempermudah pengguna Internet untuk mengakses ke server; selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengingat deretan angka yang dikenal sebagai alamat IP.

Sebagai contoh; misalnya apabila sobat menginput alamat IP dengan angka 173.194.70.113, tekan ENTER. Secara otomatis, peramban browser sobat akan dialihkan ke halaman Google.

Bayangkan bagaimana sulitnya ketika seorang manusia harus mengingat satu per satu alamat IP untuk mengunjungi banyak situs web sekaligus dalam satu waktu.

Setidaknya, kita harus berterima kasih kepada sistem nama domain yang dinamakan DNS. DNS inilah yang mengatur atau menyetel aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain tersebut.

Nah kalau sobat bertanya-tanya tentang masalah domain yang dinamakan ccTLD, nyatanya sudah diterangkan di blog ini. Silakan cek artikelnya disini: Pengertian Country Code Top-Level Domain atau ccTLD.

Pengertian Subdomain, Add-on, Parked & Redirect Domain pada Situs Web


Arti dan Makna Subdomain


Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari suatu situs web.

Misalnya, untuk area utama situs web dibeberapa forum; misalnya beralamatkan https://www.example.co.id/. Alamat "www" adalah Subdomain juga. Jika kita ingin melihat halaman arsipnya, maka kita akan dialihkan ke halaman https://archive.example.co.id/.

Oh kalau misalkan ingin mencari template blogger di situs web tersebut, biasanya dialihkan ke area https://template.example.co.id/.

Arti dan Makna Add-on Domain


Add-on domain adalah domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah situs web. Selalu ingat, fitur Add-on domain tidak dibatasi, artinya sobat boleh menambahkan berapa pun domain yang dimiliki selama diskspace mencukupi.

Contohnya seperti ini. Sobat memiliki situs web www.example-A.com, dan Add-on domain situs web www.example-B.com; untuk menampilkan apa yang ditampilkan di domain www.example-A.com/sub-direktori.

Ketika domain www.example-B.com/index.html diakses melalui Internet, para pengunjung tidak 'kan merasakan adanya perbedaan, karena semua bagian yang ditampilkan faktanya berada di domain www.example-A.com/sub-direktori/index.html.

Pada hakekatnya pula, Add-on domain bisa diartikan sebagai berbagi (share) dengan Main Account dalam segala hal; diantaranya termasuk diskspace, bandwidth, dan cPanel.

Sobat tidak akan mendapatkan cPanel untuk setiap Add-on domain yang ditambahkan, karena semua diatur di dalam satu cPanel Main Account. Contoh dalam satu cPanel Main Account yang dimaksudkan disini ialah domain www.example-A.com diatas.

Selain itu, pembuatan FTP Account dan Email Account untuk domain www.example-B.com juga dilakukan di cPanel domain www.example-A.com.

Arti dan Makna Parked Domain


Disebut juga Parking Domain, Domain Pointer, atau Domain alias; Parked Domain adalah sebuah fitur untuk mengarahkan suatu domain ke domain yang lain.

Contohnya sobat melakukan Parking Domain terhadap www.example-A.com menuju www.example-B.com. Ketika sobat membuka atau mengakses situs web beralamatkan www.example-B.com, sebenarnya pada saat itu sobat sedang melihat isi konten dari www.example-A.com.

Arti dan Makna Redirect Domain


Disebut juga URL Redirect, -- Redirect Domain adalah meneruskan satu alamat domain ke alamat domain lain.

Contohnya sobat mengunjungi situs web www.example-A.com; ketika diakses secara otomatis situs beralamatkan www.example-A.com tadi akan dialihkan (forward) ke situs www.example-B.com.

Kesimpulan

Diantara semua istilah-istilah di atas, mungkin yang paling seringkali kita dengar bisa jadi istilah-istilah seperti Subdomain dan Redirect Domain.

Sedangkan istilah Add-on Domain dan Parked Domain sangat jarang dijelaskan di dalam beberapa materi pembelajaran tentang Domain.

Nah itu dia pengertian Subdomain, Add-on, Parked, dan Redirect Domain pada situs web serta perbedaannya. Semoga berguna.*
Next Post Previous Post